SISMA

MY QUOTE !

LIFE IS THE CHOICE,

CHOICE IS YOUR FUTURE,

AND YOUR FUTURE JUST U KNOW IT !

Selasa, 11 September 2012

PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET (HARDWARE)



PERANGKAT KERAS (HARDWARE) 

         Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Komponen tersebut merupakan hardware atau yang disebut perangkat keras. Berikut macam-macam HARDWARE/perangkat keras : 


1.Komputer
          Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses internet.

 Adapun spesifikasi komputer tersebut antara lain : 
a. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX.
 b. RAM, yang digunakan untuk menyimpan data, gambar, suara atau program aplikasi dimana penyimpanannya bersifat sementara, dengan kapasitas kurang lebih 32 MB. 
c. Harddisk, yang digunakan sebagai media penyimpanan data secara magnetik. 
d. VGA card, berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor. 
e. Monitor, merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer. 

2. Modem
          Modem adalah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.terdapat 2 jenis modem yaitu modem eksternal dan modem internal. 

Adapun cara kerja modem antara lain : 
a. Data dari komputer yang bertbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
 b. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

 3. Kabel UTP
          Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antarkomputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. 

4. Konektor RJ45

  Konektor RJ45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP. 

5. Kabel KoaksialKabel koaksial digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya. 

6. Wireless Adapter

         Wireless adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board ynag berisi rangkaian elektronika. 

7. Switch

         Switch digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. 


8. Router

          Router digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaan router dengan modem, router hanya digunakan dalam server jaringan. Dalam hal ini, router dan modem merupakan satu kesatuan pada server jaringan. Pada sistem bukan jaringan tidak diperlukan router, hanya dengan menggunakan modem untuk menghubungkan sebuah PC dengan jaringan telekomunikasi. 

9. LAN Card / Ethernet Card

           Lan card / ethernet card digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk tranmisi data antar komputeryang terkoneksi. Ethernet card yang disebut juga dengan NIC (Network Interface Card) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakan kabel UTP, maka diperlukan ethernet card dengan interface UTP. Jika menggunakan kabel BNC, maka diperlukan ethernet card dengan interface BNC. Ethernet card yang terdapat dipasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo. Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bps (bit per second). 
         Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain : 
a. Ethernet 
b. Fast ethernet 
c. Gigabit ethernet 

cr: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

don't be silent readers..
coment please~
thanks ^o^